PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN
Kompetensi Dasar (KD)
3.2. Memahami Peluang Usaha
4.2. Menganalisa Peluang Usaha
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Para pembelajar dapat :
3.2.1. Memahami peluang usaha produk barang/jasa
3.2.2. Menentukan faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
3.2.3. Menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan usaha
3.2.4. Menciptakan peluang usaha yang sesuai dengan kondisi lingkungan masing2
Prosedure dalam Blogger PKK hari ini :
1. Sebelum memulai mempelajari segala sesuatu dalam Blogger ini mulaiLah dengan doa
2. Pelajari materi yang disajikan penulis.
3. Berikan analisa hubungan antar video yang disajikan dengan materi yang ada.
Mau jadi anak muda yang berhasil dalam bidang bisnis. Untuk itu kamu perlu analisis dulu peLuang Bisnis, mau pinter cara menganalisis Peluang Usaha, yuuukk pelajari materi yang disajikan penulis.
MENGANALISIS PELUANG USAHA
A.Peluang
Usaha
Harus diakui bahwa sebenarnya peluang usaha di
sekitar kita sangat
banyak. Namun tidak semua
peluang usaha atau bisnis tepat dilakukan pada sembarang waktu dan tempat. Bagi
calon wirausaha yg akan membuka usaha baru, perlu terlebih dahulu melakukan
observasi, survei lapangan, dan banyak bertanya mengenai seluk beluk bisnis
yang akan digelutinya.
Peluang
usaha terdiri dari dua kata, Peluang dan usaha. Peluang berarti kesempatan, dan
usaha berarti upaya untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan berbagai daya
atau sumber daya yang dimiliki. Secara sederhana peluang usaha merupakan suatu
kesempatan yang dimiliki oleh seseorang untuk mencapai tujuan yang hendak
dicapai dengan menggunakan sumber daya yang miliki.
Tujuan yang hendak
dicapai bisa dalam keuntungan, uang, kekayaan, kepuasan batin, popularitas,
status sosial dan lain-lain. Untuk mencapai tujuan tersebut seseorang dapat
memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Sumber daya itu dapat berupa
uang/modal, pengetahuan, skill, relasi yang luas, pengalaman dan lain-lain.
Artinya sumber daya ini mencakup segala sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk
menunjang kegiatan usaha. Seorang wirausaha harus berfikir tentang seperti apa
peluang usaha yang baik itu. Berikut adalah ciri-ciri peluang usaha yang baik :
1.Bersifat orisinil
2.Harus dapat mengantisipasi peruabahan persaingan dan kebutuhan pasar
3.Sesuai dengan minat
4.Tingkat kelayakan usaha teruji
5.Bersifat ide kreatif
6.Ada keyakinan untuk mewujudkan
7.Ada rasa senang saat menjalankan.
Dalam
kenyataannya peluang yang baik saja tidak cukup, tapi juga harus potensial.
Banyaknya peluang usaha di sekitar kita, mengharuskan seorang wirausaha untuk
cermat dalam mengkaji mana peluang usaha yang potensial. Ciri-ciri peluang
usaha yang Potensial adalah sebagai berikut.
1.Memiliki
nilai jual
2.Usaha bukan
hanya ambisi pribadi semata, dan bersifat nyata
3.Usaha
tersebut mamapu bertahan lama di pasar
4.Tidak
menghabiskan modal, karena terlalu besar investasinya
5.Bisa
ditingkatkan skalanya menjadi industri
Peluang usaha yang bernilai jual memiliki
ciri-ciri sebagai berikut.
1.Mampu
memenuhi kebutuhan konsumen
2.Memiliki
keunggulan bersaing
3.Tidak
bersifat sementara
4.Ada nilai
uang
5.Memenuhi
aspek kreatif dan inovatif
B.Analisis
Peluang Usaha
Tidak semua peluang yang ada
dihadapan kita secara otomatis bisa dikerjakan. Namun terlebih dahulu harus
dilakukan analisis. Analisis peluang usaha adalah suatu analisis untuk
mengetahui berbagai kemungkinan dari berbagai macam kesempatan usaha, mana yang
bisa dilakukan dan bisa memberikan keuntungan dengan berbagai tingkat resiko yang
akan di hadapi.
Untuk dapat menggali dan
memanfaatkan peluang usaha, seorang wirausaha harus dapat berfikir secara
positif dan kreatif, diantaranya yaitu:
1.Percaya dan yakin bahwa usaha tersebut dapat dilaksanakan
2.Mau menerima gagasan atau ide-ide baru,
3.Memiliki semangat kerja yang tinggi,
4.Mampu berkomunikasi dengan baik,
5.Bertanya pada diri sendiri,
6.Mau mendengarkan saran orang lain.
C.Persiapan
Peluang Usaha
Untuk melakukan analisis peuang usaha di
butuhkan persiapan sebagai berikut.
1.Meneliti
luas usaha yang dipilih
2.Bentuk
usaha
3.Jenis usaha
yang ditekuni
4.Mengenal
informasi usaha yang diterima
5.Memiliki
peta peluang usaha yang menguntungkan
D.Tujuan
Analisis Peluang Usaha
Secara
umum tujuan analisis peluang usaha adalah untuk mengetahui apakah usaha
tersebut layak dikerjakan atau tidak. Oleh sebab itu seorang wirausaha harus
cermat, yakin dan berani.
Tujuan analisis peluang usaha :
▪ Untuk menemukan peluang usaha.
▪ Untuk menemukan potensi usaha.
▪ Untuk mengetahui besarnya potens usaha yang
tersedia.
▪ Untuk mengetahui berapa lama usaha bertahan.
E.Keberhasilan
dan Kegagalan Wirausaha
Seorang
wirausaha senantiasa dihadapkan dalam dua kemungkinan, yakni keberhasilan dan
kegagalan dalam menjalankan usaha. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan
keberhasilan dan kegagalan usaha.
1.Faktor-faktor
penyebab keberhasilan wirausaha
Keberhasilan
dan kegagalan dalam menjalankan suatu usaha dipengaruhi oleh beberapa faktor.
Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan seorang wirausaha
dalam mengelola usaha:
a.Faktor
manusia
1)Kepribadian
Kepribadian atau karakter
seseorang sangat menunjang keberhasilannya. Karakter bisa bawaan dari lahir
namun bisa juga di latih secara terus-menerus. Kemauan keras untuk berubah dan
lingkungan sangat berpengaruh bagi pembentukan karakter.
2)Ilmu
Pengetahuan
Ilmu, membantu kita dalam
menghadapi berbagai persoalan. Dalam mengelola usaha seorang wirausaha
dihadapkan dengan berbagai macam kondisi.
3)Pengalaman
yang dimiliki
Seperti kata
pepatah, pengalaman adalah guru terbaik. Kita bisa belajar dari pengalaman diri
sendiri maupun pengalaman orang lain. Pengalaman orang lain bisa kita amati
secara langsung, bisa juga berupa kisah inspiratif bisa di dapatkan melalui
buku, maupun media elektronik seperti televisi, internet.
b.Keuangan
Faktor keuangan merupakan
salah satu pendukung keberhasilan dalam usaha. Tanpa adanya modal, usaha tidak
mungkin bisa berjalan. Modal tersebut digunakan untuk membiayai pengeluaran,
seperti pembelian bahan baku, peralatan, perlengkapan kerja, gaji karyawan,
promosi dan kegiatan operasional lainnya. Uang memang bukan segalanya tapi
segalanya membutuhkan uang.
c.Perencanaan
Perencanaan yang matang sangat
dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan usaha. Agar usaha yang mau dijalankan
bisa terarah, dan tidak asal berjalan maka dibutuhkan planning yang matang.
Perencanaan dapat dimulai saat usaha itu mau didirikan, misal:
-Produk apa
yang mau dibuat
-Berapa
modal yang dibutuhkan
-Siapa calon
konsumen sasarannya
-Dimana
tempat usahanya
-Siapa yang
terlibat dalam kegiatan usaha
d.Pemasaran
Pemasaran produk merupakan
faktor sangat penting. Sebagus apapun produk, bila tidak mampu memasarkannya,
maka produk tidak dapat menjangkau konsumen yang dituju. Oleh sebab itu harus
dipikirkan, misalnya:
-Siapa yang
akan memasarkan produk
-Siapa yang
akan beli (pembeli potensial) produk
-Apa
strategi yang digunakan
Selain faktor diatas,
keberhasilan seorang wirausaha dalam menjalankan usaha menurut Adyaksa Dault
harus dilandasi dengan falsafah yang dikenal dengan istilah “ DORAEMON”, yaitu
sebagai berikut:
Dream : memiliki impian
Opportunity : mampu mencari peluang usaha
Reform :
menyusun perencanaan dan
mengimplementasikan secara sistematis
Action : melakukan suatu tindakan
Energy : memiliki semangat yang tinggi
Mapping : bisa melakukan pemetaan usaha dengan
analisis SWOT
Organizing : bergabung dengan organisasi atau perkumpulan
Network : memiliki jaringan atau relasi yang
luas.
2.Faktor-faktor yang menyebabkan
Kegagalan Usaha
Keberhasilan dan kegagalan
wirausaha sangat tergantung dari kepribadian wirausaha itu sendiri. Menurut
Zimmerer yang menyebabkan wirausaha gagal dalam menjalankan usahanya adalah:
▪Tidak kompeten dalam manajerial’
▪Kurang
▪berpengalaman
▪Tidak bisa
mengelola keuangan
▪Lokasi yang
kurang mendukung
▪Gagal dalam
perencanaan
▪Sikap yang
kurang bersungguh-sungguh
▪Ketidakmampuan dalam melakukan peralihan atau transisi kewirausahaan
▪Kurang pengawasan peralatan.
F.Memanfaatkan
Peluang Secara Kreatif Dan Inovatif
Salah satu faktor keberhasilan
seorang wirausaha adalah kemampuannya dalam memanfaatkan peluang secara kreatif
dan inovatif. Kreatifitas merupakan kemampuan untuk menciptakan sesuatu.
Sedangkan orang yang kreatif adalah mereka yang memiliki daya cipta.
Berdasarkan penelitian kreatifitas dapat
diidentifikasikan yaitu:
a.Menciptakan (to create) adalah proses berupa mencari atau menciptakan
dari yang tidak ada menjadi ada.
b.Memodifikasikan (to modify) dalam memodifikasi sesuatu berupa mencari
cara membentuk fungsi-fungsi baru atau menjadikan sesuatu menjadi berbeda
penggunaanya oleh orang lain
c.Mengkombinasikan (to combine) yaitu mengkombinasikan dua hal atau
lebih yang sebelumnya tidak saling berhubungan.
G.Jenis-Jenis
Inovasi
Pengertian inovasi menurut
Stephen Robbins adalah sebuah ide atau gagasan baru yang di terapkan untuk
memperbaiki suatu produk.
Adapun ciri-ciri inovasi diantaranya adalah:
1)Memiliki kekhasan atau khusus, artinya suatu inovasi memiliki ciri
yang khas dalam arti ide, program, tatanan, sistem, termasuk kemungkinan hasil
yang diharapkan
2)Memiliki ciri atau unsur kebaruan, dalam arti suatu inovasi harus
memiliki karakteristik sebagai sebuah karya dan pemikiran yang memiliki kadar
orisinalitaasi
3)Dilaksanakan melalui program yang terencana, dalam arti bahwa suatu
inovasi dilakukan melalui proses yang tidak tergesa-gesa dan dipersiapkan
secara matang terlebih dahulu
4)Memiliki
tujuan, program inovasi yang dilakukan harus memiliki arah
yang ingin
dicapai, termasuk strategi untuk mencapai tujuan
Sedangkan jenis
Inovasi menurut Kuratko ada 4 jenis inovasi, yaitu:
1)Invensi
(penemuan BAru)
2)Ekstensi
(pengembangan dari yang sudah ada sebelumnya )
3)Duplikasi
(penggandaan, memperbanyakproduk yang sudah ada dan terkenal)
4)Sintesis (
penggabungan atau mengkombinasikan konsep dan formula yangsudah ada menjadi formula yang baru.
H.
Sumber Peluang Usaha
Peluang usaha bersumber atau
diawali dengan adanya ide atau Inspirasi yang bersumber dari faktor internal
dan eksternal
1.Faktor
internal
▪Pengetahuan
yg dimiliki
▪Pengalaman
dari individu itu sendiri
▪Pengalaman
dari orang lain
▪Intuisi/pemikiran
yg muncul dari diri sendiri
2.Faktor eksternal
▪Masalah
yang dihadapi dan belum terpecahkan
▪Kesulitan
yang dihadapi sehari-hari
▪Kebutuhan
yang belum terpenuhi
▪Pemikiran
yang besar untuk menciptakan sesuatu yg baru
Cara Memanfaatkan Peluang menurut
1)Percaya
& yakin bahwa usaha bisa dilaksanakan
2)Jangan
bergaul pada lingkungan statis yang akan melumpuhkan pikiran
3)Senantiasa bertanya pd diri sendiri, “bagamana saya dapat melakukan
usaha yg lebih baik”
4)Banyak
bertanya & mendengarkan
5)Perluas
pikiran
I.Pendekatan
Analisis Peluang Usaha
Ada beberapa pendekatan yang
digunakan dalam menganalisis peluang usaha, yaitu.
1.
Analisis
SWOT
Merupakan analisis untuk
mengetahui faktor internal (Strenght dan Weaknes) dan eksternal (Opportunity
dan Threats) perusahaan. SWOT sangat penting untuk mengetahui kelebihan,
kelemahan, peluang dan ancaman, sehingga wirausaha bisa melakukan strategi yang
tepat.
Analisis SWOT digunakan untuk
mengetahui :
a.Strenght yaitu kekuatan atau kelebihan yang dimiliki perusahaan yang
b.Weakness yaitu kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan, bila tidak
c.Opportunity : Peluang atau kesempatan untuk mengembangkan usaha.
d.Threat: Ancaman, gangguan, hambatan.
2. Analisis 5 W + 1 H
Analisis ini untuk menjawab
pertanyaan
Where : dimana lokasi?
When : kapan akan memulai?
Why : Mengapa memilih produk ini?
Who : Siapa orang yang akan terlibat di dalamnya
How : Bagaimana menjalankan usaha ini?
3. Study Kelayakan Usaha
Studi kelayakan bisnis menurut
Husein Umar, 2003, yaitu penelitian terhadap rencana bisnis yang tidak hanya
menganalisis layak atau tidaknya bisnis dibangun tetapi juga saat
dioperasionalkan secara rutin dalam rangka pencapaian keuntungan maksimum dalam
waktu yang tidak ditentukan, misalnya rencana peluncuran produk baru.
Menurut Yacob Ibrahim, 2009
yang dimaksud studi kelayakan bisnis adalah kegiatan untuk menilai sejauh mana
manfaat yang dapat diperoleh dalam melaksanakan suatu kegiatan usaha/proyek.
Dari pengertian diatas, dapat
disimpulkan bahwa studi kelayakan bisnis adalah menganalisis faktor-faktor
bisnis dalam menentukan rencana bisnis tersebut harus dilaksanakan, tidak
dilaksanakan ataupun ditunda, dan untuk menilai kelayaka dalam pengembangan
sebuah usaha. Manfaat studi kelayakan bisnis antara lain digunakan untuk:
1.Merintis
usaha baru
2.Mengembangkan
usaha yang sudah ada
3.Memilih jenis usaha atau investasi yang paling menguntungkan Tahapan
Studi kelayakan usaha dapat dilakukan dengan cara :
a.Tahap
penemuan ide
Suatu produk yang akan dibuat
haruslah berpotensi untuk laku dijual dan menguntungkan
b.Tahap
penelitian usaha
Dimulai dengan mengumpulkan
data, mengolah, menganalisis dan menyimpulkan
c.Tahap
evaluasi
Mengevaluasi usulan proyek
yang akan didirikan, mengevaluasi proyek yang sedang dibangun, dan mengevaluasi
bisnis yang sudah di operasionalkan secara rutin
d.Tahap
pengurutan usulan yang layak
Jika terdapat lebih dari satu
usulan rencana bisnis, maka perlu dilakukan pemilihan rencana bisnis yang
dianggap paling penting untuk direalisasikan
e.Tahap
perencanaan pelaksanaan
Setelah rencana bisnis di
pilih untuk direalisaskan, perlu di buat rencana kerja pelaksanaan proyek.
f.Tahap
pelaksanaan
Setelah semua persiapan selesei, tahap berikutnya adalah merealisasikan pelaksanaan.
g.Tahap Studi
Kelayakan Bisnis
Untuk menghindari
keterlanjuran penanaman modal yang terlalu besar pada peluang bisnis yang
kurang menguntungkan.
Sumber Literasi atau Referensi
isi blogger ini :
1. Modul Produk Kreatif
dan Kewirausahaan Tim MGMP PKK. 2017. Jakarta
Kadang kala kita suka bingung menginterpretasikan bahasa tuLisan, buat kamu para pembelajar yang tipenya adalah VisuaL kita simak rangkuman materi daLam bentuk yang kreatif yuuuk dari video berikut :
ATAU
Nah kaLo video di bawah ini nih, merupakan penjelasan supaya kaLian terbuka nih wacana-nya untuk jadi pengusaha muda dan gimana analisa peluang usaha yang kereen buat kita kaum muda......Yuuuk diKepoin aja blogger ini genkZ dan tonton videonya sampai selesai
Apabila para pembelajar sulit buka video diatas. kLik aja link https://www.youtube.com/watch?v=8GLloWPpbqU&t=279s
SEMANGAT UNTUK PARA PEMBELAJAR
0 Komentar